CONTOH PEDOMAN UKS DI PUSKESMAS

 

BAB I

PENDAHULUAN


A.       LATAR BELAKANG

Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan. Program Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah yang dikenal dengan Trias UKS/M meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.

Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan peserta didik khususnya dan masyarakat sekolah pada umumnya. Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/M disemua satuan pendidikan mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA. Program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkordinasi dari 4 (empat) Kementerian terkait mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta melibatkan kerjasama dengan stakeholder.

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe SARS Cov 2. Penyakit ini merupakan penyakit baru yang penularannya dapat terjadi antar manusia. Pada 11 Maret 2020 WHO telah mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi dunia dikarenakan penyebaran dan peningkatan jumlah kasusnya yang pesat. WHO menghimbau agar semua negara meningkatkan upaya pencegahan dan penatalaksanaan COVID-19, termasuk Indonesia. Kasus COVID-19 pertama kali diidentifikasi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Berdasarkan data Gugus Tugas COVID-19 pada tanggal 5 Juli 2020, dari 519.970 kasus dengan spesimen diperiksa didapat kasus konfirmasi sebanyak 64.958 yang 31.798 diantaranya dalam perawatan, 29.919 kasus sembuh dan 3.241 kasus meninggal.

Untuk meminimalisir penularan COVID-19 pada anak, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar di rumah melalui model daring atau pembelajaran tatap muka terbatas (PTM). Tetapi, penularan COVID-19 ternyata masih mengenai anak usia sekolah dan remaja. Tercatat data COVID-19 pada anak usia 6 – 18 tahun sebanyak 6,8 % dari total kasus konfirmasi (143.043 kasus per 18 Agustus 2020); 6,7 % dari total kasus dirawat/diisolasi; 7,2 % dari total kasus sembuh serta 1,3 % dari total kasus meninggal.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pembina Tingkat Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar. Oleh sebab itu perlu adanya  Pedoman Pembinaan dan Pelaksanaan UKS/M dengan tetap  menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19.

 

 

B.        TUJUAN PEDOMAN

TUJUAN UMUM :

Meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar mengajar di masa pandemic Covid-19

 

TUJUAN KHUSUS :

a.    Pedoman bagi peserta didik dan tenaga pendidik, dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid–19 dengan menerapkan UKS.

b.    Terdeteksinya secara dini masalah kesehatan peserta didik sehingga bila terdapat masalah dapat segera ditindaklanjuti.

c.    Tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik, maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan sekolah.

 

  1. SASARAN PEDOMAN

  Sasaran dari pedoman pelaksanaan UKS/M ini adalah :

a.    Penanggung jawab UKS/M Puskesmas Sako

b.    Peserta didik dan pendidik di Sekolah / Madrasah di wilayah kerja Puskesmas Sako

 

D.   RUANG LINGKUP

Ruang lingkup pedoman UKS/M adalah tim pelaksana UKS/M dalam mengimplementasikan Trias UKS/M di sekolah / madrasah.

 

E.    BATASAN OPERASIONAL

a.    UKS/M adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.

b.    Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

c.    Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

d.    Tim Pelaksana UKS/M adalah organisasi yang melaksanakan UKS/M yang berkedudukan di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

STANDAR KETENAGAAN

 

A.       KUALIFIKASI SUMBER DAYA MANUSIA

Adapun sumber daya manusia sebagai tenaga kompeten dalam upaya Usaha Kesehatan Sekolah meliputi:

a.        Dokter Umum dengan kualifikasi pendidikan S1 Profesi Kedokteran

b.        Dokter Gigi dengan kualifikasi pendidikan S1 Profesi kedokteran Gigi

c.        Perawat dengan kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan

d.        Perawat gigi dengan kualifikasi pendidikan D3 terapis Gigi dan mulut

e.        Bidan dengan kualifikasi Pendidikan D3 Kebidanan

f.         Tenaga kesehetan gizi dengan kualifikasi D3 Gizi

g.        Tenaga kesehatan lingkungan dengan kualifikasi pendidikan D3 Kesehatan Lingkungan

h.        Tenaga Promosi Kesehatan dengan kualifikasi Pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat

 

B.        DISTRIBUSI KETENAGAAN

Tenaga Kesehatan yang terlibat dalam program UKS/M di Puskesmas Sako.

No.

Tenaga
Kesehatan

Jumlah

1

Dokter Umum

1 (satu) orang

2

Dokter gigi

1 (satu) orang

3

Perawat

1 (satu) orang

4

Perawat Gigi

1 (satu) orang

5

Bidan

1 (satu) orang

6

Gizi

1 (satu) orang

7

Kesehatan Lingkungan

1 (satu) orang

8

Promosi Kesehatan

1 (satu) orang

 

 

 

 

 

C.        JADWAL KEGIATAN

Pelaksanaan kegiatan gizi di Puskesmas Sako adalah sebagai berikut :

 

NO

KEGIATAN

Pelaksanaan Bulan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

1

Pemeriksaan penjaringan peserta didik (peserta didik kelas 1, 7 dan 10 sekolah / madrasah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pemeriksaan berkala peserta didik (peserta didik kelas 2-6 Sd/MI, kelas 8-9 SMP/MTs, kelas 11-12 SMA/SMK/MA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

STANDAR FASILITAS

            Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 43 tahun 2019 tentang puskesmas, daftar peralatan kegiatan luar Gedung UKS dan UKGS adalah sebagai berikut :


BAB IV

TATALAKSANA PELAYANAN

 

A.        LINGKUP KEGIATAN UKS/M

Kegiatan pokok UKS/M dilaksanakan melalui Trias UKS/M.  Trias UKS/M sebagaimana dimaksud meliputi :

a.    Pendidikan kesehatan;

·         Meningkatkan pengetahuan, perilaku, sikap, dan keterampilan untuk hidup bersih dan sehat

·         Penanaman dan pembiasaan hidup bersih dan sehat serta daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar

b.    Pelayanan kesehatan;

Pemeriksaan penjaringan kesehatan dan berkala pada peserta didik

c.    Pembinaan lingkungan sekolah sehat :

Memastikan adanya sarana prasarana kebersihan dan sanitasi (tempat cuci tangan, sabun, air bersih)

 

 

B.       METODE

a.Pemeriksaan kesehatan langsung

b.Wawancara

 

C.        LANGKAH-LANGKAH

a.    Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan

b.    Pembentukan tim UKS/M

c.    Koordinasi dengan lintas program dan lintas sektor

d.    Pelaksanaan kegiatan

e.    Melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

LOGISTIK

 

Kebutuhan logistik yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan UKS/M diperoleh dari anggaran yang diterima oleh Puskesmas Sako yaitu bersumber dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VI

KESELAMATAN SASARAN KEGIATAN/PROGRAM

 

Dalam perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan UKS/M perlu diperhatikan keselamatan sasaran dengan melakukan identifikasi risiko terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Upaya pencegahan resiko terhadap sasaran harus dilakukan untuk tiap-tiap kegiatan yang akan dilaksanakan.

No.

Kegiatan

Identifikasi Risiko

Rencana Pengendalian

Waktu

Penanggung Jawab

1

Pemeriksaan Kesehatan peserta didik

Adanya trauma atau luka yang timbul akibat alat pemeriksaan

·         Memberikan pengarahan sebelum dilakukan pemeriksaan

·         Petugas bekerja dengan hatu-hati dan teliti

·         Sebelum pemeriksaan

 

 

·         Saat pemeriksaan

Petugas UKS/M

2

Pemeriksaan Kesehatan gigi dan mulut peserta didik

Adanya trauma atau luka yang timbul akibat alat pemeriksaan

·         Memberikan pengarahan sebelum dilakukan pemeriksaan

·         Petugas bekerja dengan hatu-hati dan teliti

·      Sebelum pemeriksaan

 

 

·      Saat pemeriksaan

Petugas UKGS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VII

KESELAMATAN KERJA

 

Dalam perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan UKS/M perlu diperhatikan keselamatan kerja  dengan melakukan identifikasi risiko terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Upaya pencegahan resiko terhadap sasaran harus dilakukan untuk tiap-tiap kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan

Identifikasi Risiko

Rencana Pengendalian

Waktu

Penanggung Jawab

Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut peserta didik

Adanya penularan penyakit dari peserta didik kepada petugas pemeriksa, seperti covid-19

·         Petugas menggunakan hand sanitizer / mencuci tangan sebelum dan sesudah pemeriksaan

·         Petugas menggunakan APD saat melakukan pemeriksaan

·         Saat pemeriksaan

 

 

 

·         Saat pemeriksaan

Petugas UKGS

 


BAB VIII

PENGENDALIAN MUTU

 

Pengendalian mutu pelaksanaan UKS/M ini mencakup kegiatan penilaian kinerja, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

Formulir penilaian kinerja dan RTL cakupan kegiatan UKS/M

 

No.

Kegiatan

Satuan

Target Sasaran

Pencapaian

Masalah

Analisis Penyebab Masalah

RTL

1.

Pemeriksaan penjaringan peserta didik (peserta didik kelas 1, 7 dan 10 sekolah / madrasah)

Orang (peserta didik)

2957

 

 

 

 

2..

Pemeriksaan berkala peserta didik (peserta didik kelas 2-6 Sd/MI, kelas 8-9 SMP/MTs, kelas 11-12 SMA/SMK/MA)

Orang (peserta didik)

8061

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IX

PENUTUP

 

Pedoman pelaksanaan kegiatan UKS/M Puskesmas Sako disusun untuk mempermudah pelaksanaan UKS/M. Dengan adanya pedoman ini diharapkan mampu mewujudkan peningkatan derajat kesehatan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

 

 

 

Mengetahui,                                                                Palembang,                             2021

Plt. Kepala Puskesmas Sako                                     Penanggung Jawab Program UKS/M

 

 

drg. Kiki Ayu Marlina                                                  drg. Marselly Laon

Nip.198003092009032001                                          NIP. 198710172015032002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi panduan irene donat lengkap bagian 1

PENERAPAN METODE IRENE DONAT antri :bagian 2